Konsep Permodelan Grafik
Pengertian Desain.
Desain (dalam bahasa Inggris design) , di ilmu terapan ,
yang menunjukkan kegiatan dipromosikan oleh desainer , yang merupakan dasar
dari pembangunan / realisasi dari setiap objek yang kompleks, baik itu materi atau
konseptual hanya melalui penyusunan dari proyek .
Ini adalah proses yang berdasarkan pada standar teknis ,
perhitungan, spesifikasi dan gambar, sampai pada definisi perintah, pedoman dan
spesifikasi yang diperlukan untuk produksi / pembuatan produk , bangunan ,
komponen, aparatus, atau produk umum. atau layanan (misalnya ' rumah , kursi ,
jalan , jembatan , mobil , perangkat lunak , sistem elektronik ) yang dirangkum
dalam sebuah proyek .
Dalam pengertian yang lebih luas untuk desain, ini berarti
keseluruhan rangkaian fase perencanaan dan pemrograman dari serangkaian
aktivitas yang akan menghasilkan hasil yang diharapkan yang dapat dicapai
sepenuhnya atau sebagian atau bahkan tidak terjawab. Akhirnya, pada akhirnya,
hampir semua aktivitas manusia berjalan dengan, kurang lebih efektif, desain,
yaitu sarana, strategi dan tindakan yang paling tepat untuk mencapai tujuan
tertentu.
pengertian permodelan grafik.
Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Pemodelan juga dapat diartikan sebagai pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Sedangkan pengertian grafis adalah mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2, maupun 3 dimensi atau lebih. Grafik juga dapat didefinisikan sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik komputer adalah proses pembuatan obyek menggunakan bantuan software komputer yang khusus dibuat untuk membantu membuat grafik komputer.
Jadi pengertian dari Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software komputer.
Beberapa Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Grafis
Perkembangan desain grafis di berbagai bidang.
Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Namun, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.Beberapa Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe After Effect
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Dll
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
Pengaruh Teknologi
Dalam hampir dua dekade ini teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan yang dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan produk sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan back ground satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model, warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.
Desain grafis dari segi IMK
Peranan desain pemodelan grafik sangatlah penting dalam interkasi manusia dengan komputer atau dalam istilah bahasa asingnya adalah Human Computer Interaction (HCI) dimana fungsi pemodelan grafik adalah membuat sesuatu yang dapat mempermudah pengguna atau user baik dalam menjalankan suatu program agar mudah dimengerti atau membuat sesuatu yang mudah di sentuh, enak dilihat dan mudah digunakan dan sesuai atau efisien.
Adapun metode-metode yang dapat digunakan untuk proses interaksi antara manusia dan computer adalah sebagai berikut:
- Ergonomi, hubungan manusia dengan mesin/komputer dimana interaksi tersebut dapat berupa bentuk fisik
- Faktor manusia, disini manusia berpihak sebagai user dimana tugas dari user adalah sebagai pemerintah untuk prosesnya suatu sistem kerja pada komputer
- Interaksi antar manusia dan komputer, yah seperti yang dijelaskan diatas disini harus terdapat sinkronisasi antara manusia dengan komputer.
- Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel.
Sumber :
http://rafiqamalyah.blogspot.com/2012/10/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html
http://task-campus.blogspot.com/2011/11/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html
http://tyasjenitri.wordpress.com/2013/02/26/prinsip-unsur-desain-grafis/
1. Dika Maryanto. 2016. Konsep Pemodelan Grafik. Website. 21 September 2017.
2. Ilham Ramadhan. 2016. Konsep Pemodelan Grafis. Website. 21 September 2017
3. Admin Wikipedia. 2017, Desain. Website. 21 September 2017
4. Admin Wikipedia. 2017. Model. Website. 21 September 2017
5. Admin Wikipedia. 2017. Grafis. Website. 21 September 2017
6. Admin Wikipedia. 2017. Desain Grafis. Website. 21 September 2017
7. Admin. 2017. 7 Unsur Design Grafis. Website. 22 September 2017
8. Achmad Fachrudin. 2014. Desain Pemodelan Grafis. Website. 22 September 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar