MAKALAH
MATEMATIKA INFORMATIKA 4
MATEMATIKA INFORMATIKA 4
“Web-Ecomerce”
Disusun oleh :
Kelompok 5
Dede Khairuddin (51415644)
Gilang Aditya Rahman (52415893)
Muhammad Abdul Latief (54415448)
Iryega Ikhwan (53415471)
Pratikto
Arya (554154379)
KELAS 2IA19
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI JURUSAN
TEKNIK INFORMATIKA
Mata Kuliah : Web Science
Dosen : Hengky
KATA
PENGANTAR
Dengan menyebut nama
Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji
syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tutorial
pembuatan Web-Ecomerce.
Makalah ilmiah ini
telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak
sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan
banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan
makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya
bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata
bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan
kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap
semoga makalah tutorial Web-Ecomerce ini untuk memenuhi syarat tugas dari dosen
pembimbing.
1.PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan
elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui internet atau jaringan komputer. Seluruh komponen yang
ada dalam perdagangan diaplikasikan ke dalam e-commerce seperti customer
service, layanan produk, cara pembayaran dan cara promosi.
Perkembangan internet yang semakin
maju merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya e-commerce. Internet
merupakan salah satu jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer
diseluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi
antar satu perusahaan dengan konsumen. Distribution outlet merupakan konsep
usaha ritel yang menyediakan berbagai Gadge dan Accesoris. Umumnya usaha lebih
mengutamakan kebutuhuan untuk anak-anak muda dan mahasiswa.
penjualan berbasis website
(E-commerce) yang bisa memenuhi kebutuhan dan bisa memudahkan perusahaan dalam
menjalankan kegiatan bisnis seperti penjualan, pembelian, promosi barang baru,
pembayaran dan transaksi jarak jauh, sehingga perusahaan bisa memperluas
wilayah pemasarannya.
1.2 Perumusan Masalah
Dari penjelasan latar belakang diatas,
maka dapat ditentukan masalah-masalah yang berhubungan dengan Web-Ecomerce
sebagai berikut :
1. Banyak toko yang tidak mempunyai sarana untuk mempromosikan
produk.
2. Belum adanya penyimpanan data yang
terstruktur.
3. Tidak adanya layanan transaksi
penjualan jarak jauh yang bisa mempermudah dalam memperluas
wilayah pemasaran.
4.
Belum adanya sarana pembelian dan pembayaran untuk calon konsumen yang bisa
dilakukan secara online maupun transfer
via rekening.Berdasarkan dengan kebutuhan diatas, maka diperoleh perumusan
masalah, yaitu bagaimana membangun website e-commerce.
1.3 Maksud dan Tujuan
1.3.1
Maksud
Berdasarkan
dengan permasalahan yang sudah dijelaskan, maka maksud dari penulisan tugas
akhir ini yaitu membangun website e-commerce produk gadget dan accesoris.
1.3.2
Tujuan
Sedangkan tujuan yang akan dicapai
dalam penelitian ini yaitu :
1.
Membantu dan mempermudah perusahaan dalam penyebarluasan informasi dan promosi
produk.
2. Membantu perusahaan dalam
pengelolaan data menjadi terstrukturdengan baik.
3.
Membantu perusahaan dan konsumen dalam layanan transaksi penjualan jarak jauh
sehingga membantu perusahaan dalam memperluas wilayah pemasaran.
4.
Membantu konsumen dalam melakukan pembelian dan pembayaran secara offline
(transfer via rekening) maupun online (Paypal) yang bisa dilakukan dimana saja
dan kapan saja.
. PEMBAHASAN
1. Pendahuluan project
Pertama sebelum memulai projectnya, ketikan perintah berikut untuk membuat folder project dan folder appsnya.
Setelah mengetikan syntax tadi maka akan terdapat dua folder, untuk folder ecommerce2 itu digunakan untuk menyalakan server django yg berjalan pada localhost, lalu untuk folder newsletter akan terdapat form, url, model, views yang akan digunakan untuk pemrosesan data. Setelah itu kita akan membuat form login dan register, lalu product, cart dan method checkout.
File dan folder yg terdiri dari manage.py yang berfungsi untuk menjalankan server, atau synchronise models. File manage.py ini dapat disebut dari inti nya program django web.
Setelah itu pada isi
folder newsletter akan terdapat file file diatas. Untuk file admin.py digunakan
untuk meregister database modelsnya agar dapat dibaca di admin panelnya. Untuk
models.py digunakan untuk membuat schema database. Lalu views.py terdapat proses
proses yg dijalankan oleh Django tersebut. Untuk lebih lanjut kedepannya dapat
dilihat langsung pada source codenya. Untuk pembuatan modul atau app pasti akan
terdapat file file berikut.
2.
Form Login dan Form Register
Pada form register menggunakan library Django
Registration Redux dimana library ini hanya memanggil form pada library
Register untuk di input kedalam database. Pada form Username di haruskan
menginput sebuah kata yg unik. Lalu pada form email sudah di validasi dengan
hanya menerima inputan dengan kata “@” lalu dengan di barengi dengan alamat
emailnya. Setelah itu password dan password confirmation sudah divalidasi
dengan hanya menerima inputan berupa string, numeric dan symbol. Setelah itu
ketika mengklik button Join maka user yg telah mendaftar akan dikirimi email
untuk konfirmasi akun tersebut. Setelah di konfirmasi dari email maka user
tersebut akan aktif dan akan di bawa menuju form login
Tampilan Form Register
Tampilan Form Reset Password
Untuk pembuatan form seperti ini dapat
dilihat pada folder Newsletter
3. Produk
Berikut adalah tampilan setelah login
4. Carts
Berikut adalah tampilan setelah mengklik product yg tersedia tersebut.
Cara membuatnya dapat dilihat pada folder Products.
Tampilan Carts setelah memilih products yang tadi akan di pilih.
Cara membuatnya dapat dilihat pada folder Carts
Setelah cart di click maka akan menuju tampilan checkout untuk pengisian alamat, kota, dan kode pos dan lain lainnya.
Untuk pembuatan form checkout ini dapat dilihat pada folder Orders.
6. Order
untuk melihat barang barang apa saja yang sudah di beli dapat dilihat dari page berikut yaitu page orders. Untuk pembuatan page ini dapat dilihat pada folder Orders. Kami mohon maaf apabila tutorial berikut tidak bersamaan dengan Source Codenya, jika source code tersebut dibutuhkan dapat dilihat pada link http://goo.gl/XY0Hi4 atau http://goo.gl/ppe1Q7 . Terimakasih atas pengertiannya.
Penutup
3.1 kesimpulan
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui internet atau jaringan computer. Pada rancangan program E-commerce menggunakan Bahasa pemrograman Python dengan Frameworknya yaitu Django. Pertama pada desain masuk menampilkan login masuk ke web eCommerce2 dengan tampilan form textbox email, password, dan konfirmasi password. Setelah melewati login pada eCommerce2 setelah itu masuk ke order pembelian barang. Pada order pembelian barang menampilkan deskripsi produk barang, variasi produk, dan jumlah produk yang akan dibeli oleh customer atau user. setelah user membeli kemudian menekan icon keranjang dan pada tampilan keranjang produk yang sudah dipesan/ sudah diorder dengan tampilan harga yang akan dibayar bersama dengan pajaknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar